Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa dan Sudah Buka Puasa. Nah salah satu masalah saat menjalankan ibadah puasa adalah bau mulut tak sedap. Bagaimana cara mengatasi hal ini agar tetap nyaman menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1433 Hijriyah ini. berikut tipsnya:

Obat Kumur Antiseptik
Nah ini adalah cara yang biasa digunakan setelah sahur atau bahkan saat puasa. Namun menggunakan obat kumur saat puasa masih kontroversi. Ada yang menyatakan boleh-boleh saja ada juga yang menentang. Untuk lebih amannya gunakan saja obat kumur sesudah sahur.

Olahraga Ringan
Berolahraga ringan secara teratur ternyata mampu melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga.

Minum Air Saat Buka Puasa dan Sahur
Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur, sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermnafaat untuk meningkatkan produksi saliva (air liur) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya.

Minum Teh Hijau
Selain air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan mekan sahur juga akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulu. Hal ini karena teh hijau mengandung zatpolyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok.

0 komentar: